Press "Enter" to skip to content

Gelar Pemeriksaan Serentak, Satgas Yonif R 300 Amankan Ratusan Liter Solar

Social Media Share

JAKARTA, NP-  Pemeriksaan serentak yang dilakukan Satgas Pamtas Yonif Raider 300, tidak hanya mencegah terjadinya pelanggaran lintas batas, namun juga berhasil mengamankan ratusan liter solar ilegal di jalan trans Papua, Kipay.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas Yonif Raider 300/Bjw, Mayor Inf Ari Sutrisno S.I.P., dalam keterangan tertulisnya di Papua, Selasa (17/9/2019).

Dikatakan Dansatgas, pengungkapan BBM ilegal terjadi saat personel Pos Kipay melaksanakan pemeriksaan terhadap kendaraan yang melintas di jalan trans Papua.

“Memang sengaja kita jadwalkan pemeriksaan secara serentak diseluruh jajaran Pos Satgas, dengan tujuan untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan bagi warga masyarakat perbatasan,’’ ujarnya.

“Saat personel Pos Kalipay melakukan pemeriksaan terhadap salah satu kendaraan roda empat jenis Helux, petugas mendapati bahan bakar solar sebanyak 600 liter diangkut dibelakang kendaraannya,’’ terangnya.

Lanjut Dansatgas, saat periksa terkait dokumen serta surat-surat resmi, pengemudi dan dua orang pengikutnya tidak dapat menunjukkan surat-surat terkait kepemilikan barang tersebut.

“Atas dasar itu, kita dapat simpulkan bahwa solar sebanyak 600 liter tersebut, merupakan barang ilegal dan menyalahi aturan,’’ jelasnya.

“Barang bukti saat ini diamankan dan akan kita diserahkan kepada pihak berwajib. Dari identitas para pelaku tercatat DD (41), MN (32) dan SG (43) yang ketiganya merupakan warga Arso,’’ pungkasnya.

Atas pengungkapan yang dilakukan Satgas Yonif Raider 300, masyarakat yang merupakan binaan pos mengucapkan terima kasih, karena telah berhasil mengamankan barang BBM berjenis solar yang di dapat dari hasil pemeriksaan. (Pen)

 

Baca Juga  Sambut HUT RI ke- 74, PPAL Gelar Upacara di Teluk Jakarta