Press "Enter" to skip to content

Ecobrick Satgas Raider 408, Solusi Atasi Sampah Plastik di Raihat

Social Media Share

JAKARTA,NP- Melihat limbah plastik yang terus meningkat dan berdampak mengganggu eksistensi kebersihan lingkungan wilayah Kecamatan Raihat, Satgas Yonif Raider 408/Sbh menginisiasinya dengan membuat pelatihan Ecobrick, yaitu dengan mendaur ulang sampah plastik menjadi barang yang bermanfaat.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas Yonif Mekanis Raider 408/DGH, Mayor Inf Joni Eko Prasetyo, S.I.P.,dalam rilis tertulisnya di Kabupetan Belu, NTT, Rabu (29/8/2019).

Diungkapkan Dansatgas, sampah plastik merupakan masalah besar bagi bangsa kita, sama halnya seperti yang terjadi di Kecamatan Raihat. Produksi sampah plastik yang berlebihan berakibat pada terganggunya eksistensi kebersihan lingkungan masyarakat.

“Atas keprihatinan tersebut, kita mencoba memberikan solusi dengan memanfaatkan sampah plastik melalui daur ulang menjadi barang yang bermanfaat,’’ ujarnya.

“Kita kenal dengan istilah Ecobrick, dimana melalui cara ini, kita dapat memanfaatkan botol plastik yang diisi penuh dengan sampah anorganik hingga keras dan padat. Nantinya, botol yang sudah padat dapat digunakan untuk membuat kursi, meja, pot bunga, bahkan dinding pembatas,’’ terangnya.

Melalui metode ini, tambah Mayor Joni, Satgas mencoba memberikan ilmu serta solusi kepada aparat Pemda Kecamatan Raihat, bagaimana memanajemen sampah plastik agar dapat bernilai guna serta mengurangi dampak pencemaran lingkungan.

“Hal ini senada dengan yang digaungkan pemerintah, dalam hal ini Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Melalui metode Ecobrick, merupakan salah satu solusi yang sangat tepat untuk mengurangi volume sampah plastik,’’ ucapnya.

“Disamping pembuatannya yang sangat mudah, dengan cara memotong – motong sampah plastik, lalu dimasukkan ke dalam botol air mineral sampai padat. Hasilnya juga dapat digunakan sebagai bahan pembuat tembok bangunan pengganti Batu Bata,” tuturnya.

Melalui kegiatan ini dirinya berharap
akan menumbuhkan kesadaran hidup sehat dan membudayakan tidak membuang sampah sembarangan kepada masyarakat perbatasan, karena dengan kesadaran akan mewujudkan ekosistem sehat, bersih serta bebas dari sampah.

Baca Juga  Pangdam XII/Tpr : Silaturahmi Menciptakan Suasana Tenang dan Harmonis

Kegiatan ini disambut positif oleh Pemerintah Kecamatan Raihat seperti yang diungkapkan Camat Raihat Bapak Raimundo.

“Kami mewakili masyarakat mengucapkan terima kasih kepada Satgas yang telah berbagi ide kreatif dan memberikan solusi bagi permasalahan sampah di lingkungan kami,” terangnya.

“Harapan kami, semoga warga tergugah kesadarannya dalam menjaga kebersihan lingkungan serta membawa perubahan di Kecamatan Raihat dengan menjadikan wilayah ini menjadi daerah bebas sampah plastik,” tandasnya.(Pen)