Press "Enter" to skip to content

Dukung Industri Dalam Negeri, TNI AU Akan Beli 35 Mobil Esemka

Social Media Share

BOYOLALI, NP –  Guna mendorong tumbuh kembangnya industri mobil dalam negeri, TNI Angkatan Udara berencana membeli 35 unit kendaraan roda empat Esemka tipe Bima 1.3.

Hal ini disampaikan Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Yuyu Sutisna, S.E., saat mengunjungi PT. Solo Manufaktur Kreasi (pabrik Esemka) yang berada di Solo, Selasa (24/9/2019).

Dikatakan Kasau, TNI AU berencana membeli 35 unit mobil Esemka tipe Bima untuk mendukung kegiatan dinas dan operasional penerbangan dan berbagai keperluan lainnya, di mana TNI AU membutuhkan kendaraan dinas yang bisa dikerahkan sewaktu-waktu dalam mendukung pergerakan di sekitar landasan.

“Nantinya 35 unit mobil Esemka tipe Bima ini akan digunakan untuk mendukung kegiatan operasional di satuan operasi khususnya Skadron Udara dan Skadron Teknik, kemudian kendaraan akan dicat dengan warna kuning dan strip hitam, sebagai ciri kendaraan yang dapat dioperasikan di sekitar landasan oleh Depohar 50,” tambah Kasau.

Menurut Kasau, keputusan pembelian mobil Esemka ini sudah melalui kajian yang dilaksanakan oleh staf, dengan mempertimbangkan tiga hal penting yaitu faktor ekonomi yakni harga yang kompetitif dibanding mobil sejenis, kemudian adanya jaminan pemerintah pusat terhadap pengembangan Esemka, dengan harapan memiliki pelayanan purnajual (after sales service) yang lebih baik, serta untuk mendukung pengembangan industri dalam negeri.

Kasau juga menjelaskan pembelian kendaraan dinas ini tidak didukung oleh anggaran TNI Angkatan Udara, sehingga belum masuk dalam RKAKL. Untuk itu, pembiayaan akan didukung dari Inkopau untuk selanjutnya
dijadikan hibah bagi kebutuhan dinas TNI Angkatan Udara.

“Semoga dengan pembelian kendaraan ini selain akan mendukung kegiatan operasional TNI Angkatan Udara, juga akan menjadi sumbangsih kita dalam ikut serta mendorong tumbuh kembangnya industri mobil dalam negeri,” tutup Kasau.

Baca Juga  Kementan Pacu Pengembangan Sentra Tanaman Hias di Tawangmangu

Selain meninjau pabrik Esemka, Kasau dan rombongan juga berkesempatan melakukan uji kendara (test drive) kendaraan Esemka tipe Bima dan Garuda 1. Pada kesempatan ini juga dilakukan penandatanganan kontrak pembelian oleh Ketum Inkopau Marsma TNI Nailul Humam dan perwakilan Esemka.

Turut mendampingi Kasau dalam kegiatan ini Asrena Kasau, Dankoharmatau, para Kepala Dinas di lingkungan Mabesau, Ketum Inkopau serta pejabat Lanud Adi Soemarmo. (Pen)