Press "Enter" to skip to content

Donor Darah Jelang HUT ke- 58 Kolinlamil

Social Media Share

JAKARTA, NP – Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke-58, Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) menggelar bhakti sosial donor darah bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Jakarta Utara dan PMI Sukabumi yang dilaksanakan di Mako Kolinlamil, Jakarta Utara, Rabu (26/6).

Kegiatan donor darah kali ini selain prajurit dan PNS Kolinlamil juga melibatkan pendonor dari berbagai instansi dan elemen masyarakat, prajurit dari Mabesal, Koarmada I, Kormar, Seskoal, Pushidrosal, Lantamal III, Polres Jakarta Utara, KPLP kelas I Tanjung Priok, STIP, STIMar AMI, Distrik Navigasi kelas I Tanjung Priok, Pelindo, Bea Cukai Tanjung Priok, Polair, Kantor Syahbandar Pelabuhan, Subgartap Jakut, Yon arhanud 6, Polres Metro Jakarta Utara dan Fasharkan Jakarta.

Kegiatan ini merupakan wujud kepedulian sosial dengan menyumbangkan darah untuk kemanusiaan. Hal ini selaras dengan yang dikatakan Pangkolinlamil, Laksda TNI Heru Kusmanto menjelang dimulainya kegiatan donor darah. “….Rangkaian kegiatan dalam merayakan Hari Ulang Tahun Kolinlamil kali ini, kita isi dengan kegiatan sosial kesehatan, seperti pap smear, medical check up untuk jalasenastri, anjangsana, bhakti sosial kesehatan masyarakat dan donor darah massal. Untuk donor darah kali ini cukup spektakuler, dari target 1000 orang, pagi ini saja sudah terkumpul 760 pendonor, semoga siang nanti bertambah. Dan ini merupakan bukti kesadaran prajurit dan PNS, bahwa setetes darah yang disumbangkan sangat berarti bagi nyawa sesama.
Bahwa setetes darah kita memberikan harapan besar dan membantu orang yang membutuhkan. Ya…
_A Little Blood for a Big Hope”_ kata Sang Panglima saat menutup sambutan dengan ramah di depan para pendonor yang akan cek kesehatan terlebih dahulu.

Lebih dari 760 pendonor antusias mendaftarkan diri dan langsung cek kesehatan. Beberapa persyaratan dalam donor diterapkan oleh tim dokter PMI dan Diskes Kolinlamil, seperti tensi rendah/tinggi dan kandungan HB dalam darah. Sehingga bagi yang tidak memenuhi persyaratan akan dicek ulang siang harinya.

Baca Juga  Pangdam XII/Tpr Hadiri Peresmian Polita Pontianak

Sementara itu, Ibu ketua Gabungan Jalasenastri Kolinlamil Ny. Yayuk Heru Kusmanto yang hadir bersama anggota PG Jalasenastri Kolinlamil, usai mendonorkan darah mengatakan bahwa selain bermanfaat bagi kesehatan pendonor, dengan donor darah ini tentu dapat membantu masyarakat melalui PMI dalam ketersediaan darah.

Panglima Kolinlamil juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada pimpinan berbagai instansi, para peserta donor dan para petugas dari PMI. (Pen)