Press "Enter" to skip to content

Doakan arwah Pahlawan, Kasau Ziarah Monumen Ngoto

Social Media Share

YOGYAKARTA, NP – Memperingati Hari Bakti TNI AU ke-72, sekaligus mendoa’kan arwah pahlawan, Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Yuyu Sutisna, memimpin upacara dan ziarah di makam perintis TNI AU Marsekal Muda (Marsda Purn) Agustinus Adisutjipto dan Marsda (Purn) Abdulrachman Saleh, di kompleks monumen Perjuangan TNI AU Ngoto, Bantul, Yogyakarta, Mingggu (28/7/2019).

Ziarah yang dihadiri para mantan Kasau, pejabat TNI AU dan keluarga almarhum Agustinus Adisutjipto dan Abdulrachman Saleh diawali dengan penghormatan kepada arwah pahlawan TNI AU dan dilanjutkan dengan peletakan karangan bunga.

Di pusara kedua pahlawan, Kasau yang didampingi Ketua Umum PIA Ardhya Garini Ny. Ayu Yuyu Sutisna meletakkan untaian bunga melati dan tabur bunga. Juga tampak keluarga para pahlawan ikut mendoakan dan melakukan tabur bunga.

Kompleks monumen Ngoto, merupakan tempat jatuhnya pesawat Dacota VT-CLA yang di gunakan untuk membawa bantuan Palang Merah dari Malaya untuk Indonesia. Pesawat yang terbang dari Singapura itu, saat akan mendarat pada petang hari, di Lanud Maguwo Yogyakarta, ditembak jatuh oleh pesawat militer Belanda Kitty Hawk. Dalam musibah ini gugur tiga perintis TNI AU, yaitu Agustinus Adisutjipto, Abdulrakhman Saleh dan Adisoemarmo.

Untuk mengenang dan menghormati jasa-jasanya, pada tahun 2000, TNI AU membangun kompleks Ngoto menjadi sebuah monument perjuangan TNI AU, dimana kedua jazad pahlawan Agustinus Adisutjipto dan Abdulrakhman Saleh dimakamkan berdampingan dengan istri masing-masing.(Pen)

 

Baca Juga  PAM dan FMPH Sultra Pertanyakan Kasus Ketua DPRD Bombana