Press "Enter" to skip to content

Diskes Lantamal XII Berikan Penyuluhan Program Pengelolaan Penyakit Kronik

Social Media Share

PONTIANAK, NP – Dinas Kesehatan (Diskes) Lantamal XII melaksanakan penyuluhan kepada anggota dan keluarga Lantamal XII Pontianak tentang Program Pengelolaan Penyakit Kronik (Prolanis) bertempat di Jalan Kom. Yos Sudarso No. 1 Pontianak, Kalimantan Barat, Rabu (22/5).

Sebagai pemberi materi Prolanis adalah Lettu Laut (K) dr. Gandhi Singgih Nugroho dari Diskes Lantamal XII Pontianak yang sehari-harinya menjabat sebagai Kepala Balai Kesehatan Lantamal XII Pontianak dan diikuti oleh 18 peserta (anggota dan keluarga) yang terdaftar sebagai anggota BPJS.

Dalam paparannya, Kepala Balai Kesehatan Lantamal XII menyampaikan bahwa di Indonesia Penyakit Diabetes Melitus merupakan ancaman serius bagi pembangunan kesehatan karena dapat menimbulkan kebutaan, gagal ginjal, kaki diabetes (gangrene) sehingga harus diamputasi, penyakit jantung dan stroke. Penyakit Diabetes Melitus merupakan salah satu faktor risiko terjadinya hipertensi, hal ini disebabkan oleh kerusakan pembuluh darah. kombinasi diabetes mellitus tipe II dengan tekanan darah tinggi (hipertensi) meningkatkan kematian lebih besar akibat penyakit jantung dan stroke.

Penyuluhan Program Pengelolaan Penyakit Kronik (Prolanis) yaitu penyakit Diabetes Melitus dan Hypertensi bertujuan sebagai pengetahuan bagi penyandang penyakit kronik (Diabetes Melitus dan Hypertensi) untuk mencapai kualitas hidup yang optimal sehingga dapat mencegah timbulnya komplikasi penyakit.(pen)

 

 

Baca Juga  Populer di Luar Negeri, Kementan Pacu Peremajaan Tanaman Salak Sleman