Press "Enter" to skip to content

Cegah Banjir, Satgas Yonif 734 Bangun Sanitasi di Halmahera Timur

Social Media Share

JAKARTA, NP – Memasuki musim penghujan yang dapat menyebabkan terjadinya banjir, Satgas Yonif 734/SNS melaksanakan karya bakti dengan membangun saluran pembuangan air di Desa Gotowasi, Kecamatan Maba Selatan.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Yonif 734/SNS, Letkol Inf Edwin Charles, dalam rilis tertulisnya di Maluku, Minggu (13/10/2019)

Dikatakan Dansatgas, karya bakti personel Pos Waci SSK II bersama masyarakat pada hari Sabtu (12/10/2019) bertujuan untuk mencegah air yang dapat menggenangi jalan akses utama hingga masuk ke rumah-rumah warga.

“Pada pembuatan saluran air ini dipimpin oleh Sertu Samsudin beserta 4 (empat) orang anggota, dan dibantu oleh Kepala Desa Gotowasi beserta warga sekitar,” ucap Edwin.

Menurut Dansatgas warga Desa Gotowasi yang masuk dalam wilayah Kabupaten Halmahera Timur tersebut memiliki kepedulian yang tinggi terhadap kelangsungan hidup mereka. Menyadari akan banjir akibat hujan yang terus menerus mengguyur daerahnya, maka mendengar ada pembangunan yang dipelopori Satgas Yonif 734 mereka antusias untuk membantu.

“Masyarakat yang hadir sangat antusias dan semangat dalam membantu kami (Satgas) dalam membuat saluran air dengan membawa semua peralatan yang mereka miliki seperti cangkul, linggis, sekop, palu, gergaji, dsb,” terang Edwin.

“Oleh sebab itu saya perintahkan Pos Waci untuk segera menyelesaikan pembuatan saluran air agar air tidak sempat menggenangi jalan dan masuk ke rumah warga,” imbuhnya.

Di tempat terpisah Danpos Waci, Sertu Samsudin, saat memimpin kegiatan tersebut mengatakan bahwa karya bakti ini merupakan wujud kepedulian Satgas Yonif 734 dalam mengatasi kesulitan rakyat. Untuk itu kami menghimbau kepada masyarakat Desa Gotowasi, mari kita jaga saluran air yang telah kita buat bersama-sama ini dari sampah organik maupun anorganik.

Baca Juga  Peduli Lansia, Satgas Yonif 725 Gelar Pengobatan Gratis  di Warlef

“Harapannya, banjir tidak sempat melanda Desa Gotowasi, dan masyarakat sekitar dapat beraktifitas dengan tenang serta nyaman,” tutur Samsudin.

Warga Desa Gotowasi, La Ode Rusman (43), mengucapkan rasa terima kasih kepada Satgas Yonif 734 yang sudah berinisiatif dalam mencegah terjadi banjir dengan membuat saluran air di Desa Gotowasi.

“Meskipun hujan sudah mulai sering turun, kami tidak lagi khawatir akan terjadinya banjir. Semoga kedepan Satgas Yonif 734 menjadi lebih sukses,” pungkasnya. (Pen)