Press "Enter" to skip to content

Cegah Abrasi Pantai, Kosekhanudnas 1 Tanam 1000 Pohon Mangrove

Social Media Share

TANGERANG, NP – Komando Sektor Pertahanan Udara Nasional I (Kosekhanudnas I) menggelar penanaman pohon mangrove sebanyak 1000 bibit mangrove di Tanjung kait, Kecamatan Mauk, Tangerang, Sabtu (23/11). Bertempat didaerah Satuan Radar (Satrad) 211 dibawah Kosekhanudnas 1 yang berlokasi diujung pantai daerah tersebut.

Hal ini dilakukan karena dampak ambrasi yang begitu memprihatinkan bagi ekosistem laut dan pantai yang menjadi rusak dan kotor.

Sebelum melaksanakan kegiatan penanaman pohon didahului dengan penyerahan secara simbolis bibit mangrove kepada Satrad 211 dan penyerahan santunan kepada anak yatim piatu disekitar daerah tersebut.

Acara dimulai dengan bersama-sama membersihkan sampah baik plastik maupun sampah lainnya yang berada disekitar pantai . Dipimpin langsung oleh Wakil Inspektur Jenderal (Wairjen) TNI Marsda TNI Ir. Novyan Samyoga dengan penuh semangat membersihkan dan mengangkat sampah-sampah yang banyak berserakan dipantai yang terbawa oleh ombak ke pinggir pantai.

Marsda TNI Samyoga mengatakan, kami merasa sedih karena dampak dari abrasi pantai ini sudah mencapai 1 KM, hal ini akan merusak pantai tersebut maka dari itu kami dari IKABOEDOET 86 bersama-sama dengan tim yang lain bersama-sama menanam pohon mangrove ini guna mencegah abrasi pantai yang lebih parah.

“Selain itu, bibit-bibit mangrove ini diberikan langsung oleh KLH dan kita tanam bersama. Harapannya semoga dengan penanaman mangrove ini pengikisan pantai ini dapat dicegah dan dapat dinikmati oleh anak cucu kita kelak dikemudian hari,” tutup Wairjen TNI.

Hadir dalam acara tersebut Marsda TNI Ir. Novyan Samyoga selaku Ketua IKABOEDOET 86 (Ikatan Alumni Boedi Oetomo Angkatan 1986), AMPI (Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia), KLH (Kementrian Lingkungan Hidup), TNI/POLRI dan masyarakat sekitar. (Pen)