Press "Enter" to skip to content

Bimtek Olahan Mangga, Kementan Siapkan KWT Milenial Terjun ke Dunia Usaha

Social Media Share

Produk olahan buah mangga. (ist)

JAKARTA, NP – Kementerian Pertanian melalui Badan Litbang Pertanian (Balitbangtan) menggelar Bimtek Pascapanen Penanganan dan Pengolahan Mangga di Cirebon, 28-29 Oktober 2019. Bimtek ini bertujuan mempersiapkan Kelompok Wanita Tani  (KWT) milenial terjun ke dunia usaha.

“Kegiatan ini sangat diminati oleh Petani dan KWT  di Kabupaten Cirebon,”ungkap Kabid KSPHP BB Pascapanen, Balitbangtan, Lina Marlina, SS, M.Si dikutip dari rilis tertulisnya, saat membuka Bimtek Gerakan Petani Milenial: Pascapanen Penanganan dan Pengolahan Mangga, di Cirebon.

Menurut Lina, kaum milenial bukan karena usianya masih muda namun jiwanya yang masih penuh semangat atau produktif.

Di dalam Bimtek ini para petani dan KWT mengikuti tentang penanganan segar dan pengolahan mangga untuk meningkatkan kualitas produknya.

Bimtek Gerakan Petani Milenial: Pascapanen Penanganan dan Pengolahan Mangga.(ist)

Ke depan, Lina berharap Dinas Pertanian dapat mendorong dan membantu para petani dan KWT untuk memasarkan produknya di Transmart atau swalayan lainnya yang ada di Cirebon.

Masih menurut Lina, acara Bimtek ini sangatlah bermanfaat, terutama untuk para peserta yang kelak akan terjun ke dalam dunia usaha.

“Sebagaimana yang kita ketahui, industri makanan menjadi salah satu industri yang tengah berkembang di negeri ini. Hal ini bisa kita lihat dengan banyaknya produk-produk baru yang bermunculan serta dipromosikan di media cetak, elektronik, hingga media daring,”terang Lina.

Ke semua produk tersebut tegas Lina, tentu membutuhkan produsen yang mempunyai kualitas yang mumpuni, sehingga produk-produk tersebut bisa menyajikan makanan yang bergizi dan berkualitas.

Petani dan kelompok wanita tani di Kabupaten Cirebon mengikuti Bimtek.(ist)

Untuk bisa menghasilkan produk yang berkualitas, maka seseorang harus terlatih terlebih dulu kemampuannya, terutama kemampuan untuk penanganan segar dan pengolahan produk. Dengan menguasai kemampuan tersebut, maka seseorang yang hendak menjadi produsen bisa lebih memahami cara kerjanya secara baik dan benar.

Baca Juga  Kodim 1205/Sintang Berikan Pelayanan Kesehatan Terhadap Warga

“Atas segala dasar itulah, kegiatan Bimtek ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan dan keterampilan peserta, sehingga perlu dilaksanakan. Dan sangat kebetulan sekali, Bimtek penanganan dan pengolahan mangga diselenggarakan di Cirebon yang terkenal sebagai salah satu sentra buah mangga di Jawa Barat,”pungkas Lina.(red)