Press "Enter" to skip to content

Bantu mengajar di Perbatasan RI-PNG, Satgas Yonif MR 411 Tingkatkan Motivasi Pelajar

Social Media Share

JAKARTA, NP – Di tengah kegiatan mengajar di SD YPK Sota, prajurit Satgas Yonif MR 411 tidak hanya mengajar baca, tulis dan menghitung, namun juga memotivasi para pelajar untuk belajar dengan penuh semangat dan menanamkan wawasan kebangsaan serta kecintaan terhadap tanah air.

Demikian disampaikan Dansatgas Yonif MR 411/PDW Kostrad, Mayor Inf Rizky Aditya S.Sos., M.Han., dalam rilis tertulisnya di Merauke, Papua, Selasa (3/9/2019)

Dansatgas menjelaskan, ketika pertama kali datang untuk mengajar, dikarenakan berbagai keterbatasan yang ada, masih ditemukan anak-anak kelas 3 dan 4 di SD YPK Sota yang belum dapat membaca, menulis, dan berhitung dengan lancar.

“Ini membuat tekad personel Satgas semakin kuat, agar kesempatan yang diberikan pihak sekolah dipergunakan secara optimal dalam turut serta mencerdaskan anak-anak,” ujar Rizky.

Menurut Rizky, untuk mengajar anak-anak seusia itu diperlukan metode mengajar yang efektif dan aplikatif dengan kondisi yang nyata dalam keseharian.

“Usia mereka memang masih dalam masa bermain, sehingga dalam mengajar pun para pelajar diajak gembira dan ceria serta sedikit canda tapi mereka diajak harus kapan saatnya harus serius,” tutur Rizky.

“Demikian juga dengan anggota kami,
Praka Angghi Budi Setiawan dan Pratu Imam Safe’i, dalam memberikan materi tetap mengkonsultasikan dan berpatokan kepada program yang telah diatur sekolah,” tutur Rizky.

“Terutama untuk meningkatkan kemampuan anak-anak dalam membaca, menulis dan berhitung,” tegasnya.

Selain itu, lanjut Rizky, selain diberikan motivasi untuk meningkatkan semangat belajar, anak-anak juga secara sederhana diberikan pengetahuan tentang wawasan kebangsaan dan kecintaan tanah air.

“Jadi dengan adanya kesempatan ini, kami sangat bersyukur, karena diberikan kesempatan untuk turut serta dalam mencerdaskan generasi bangsa di masa datang,” tegas Rikzy.

Baca Juga  Ajarkan Komputer, Satgas Yonif 725 Bekali Kompetensi Pelajar SMP di Yaffi

Terkait dengan kemampauan mengajar, menurut Rizky, saat pra tugas, para prajurit telah dibekali pengetahuan sebagai tenaga didik, sehingga setidaknya mereka diberikan kemampuan mengajar, meski secara terbatas.

“Oleh karenanya bekal yang mereka dapatkan, menjadi modal untuk diaplikasikan di daerah penugasan ini,” ucapnya.

“Semoga, dengan kehadiran personel Satgas di sekolah-sekolah, dapat membantu meningkatkan kualitas generasi muda yang cerdas dan berkualitas unggul,” pungkasnya.

Kepala Sekolah SD YPK Sota, Semuel Supusepa, S. Pd., mengucapkan terima kasih kepada Satgas Yonif MR 411/PDW Kostrad yang telah bersedia menjadi tenaga didik di sekolah kami.

“Semoga murid-murid semakin bersemangat dan termotivasi untuk terus belajar dan meraih prestasi setinggi-tingginya,” ujar Semuel.(Pen)