Press "Enter" to skip to content

Bangun Generasi Muda Papua, Satgas Yonif MR 411 Bantu Mengajar di Sota

Social Media Share

JAKARTA, NP –  Sebagai bentuk kepedulian dalam mencerdaskan serta membangun generasi muda Papua yang kompetitif, Satgas Pamtas Yonif MR 411/PDW Kostrad turut serta mengajar dan membagi ilmu kepada pelajar SD YPK Sota, Kampung Sota, Distrik Sota.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Yonif MR 411/PDW Kostrad, Mayor Inf Rizky Aditya S.Sos., M.Han., dalam rilis tertulisnya di Merauke, Papua, Jumat (4/10/2019).

Diungkapkan Dansatgas, upaya tersebut merupakan program Satgas, selain melaksanakan tugas pokoknya menjaga patok perbatasan RI-PNG, juga turut serta berperan dalam membantu memajukan pendidikan di tanah Papua.

“Seperti yang dilakukan dua personel Pos Kout, Pratu Imam Safe’i dan Pratu Ali Ahmad Ri’pai yang telah menjadi tenaga pengajar kurang lebih selama tiga minggu di sekolah yang jaraknya tidak jauh dari Pos Satgas,” ungkap Rizky.

Saat pra tugas, diutarakan Rizky bahwa para prajurit tersebut telah dibekali pengetahuan sebagai tenaga didik, sehingga secara keilmuan dan mental, mereka memang disiapkan untuk itu. Oleh karenanya bekal yang mereka dapatkan, menjadi modal untuk diaplikasikan di daerah penugasan ini.

“Beberapa anggota yang tergabung dalam Satgas ini, telah mendapatkan penataran mengajar dari Dinas Pendidikan Kota Salatiga,” terang Rizky.

Selanjutnya, ia berharap dengan kehadiran personel Satgas menjadi tenaga pengajar di sekolah yang ada di perbatasan, dapat membantu sekolah khususnya para dewan guru dan meningkatkan motivasi serta semangat siswa-siswi dalam meningkatkan prestasi, karena mereka semua adalah calon generasi penerus bangsa Indonesia.

Terpisah, Pratu Imam Safe’i menceritakan pengalamannya saat pertama kali mengajar di perbatasan Papua bahwa masih banyak siswa-siswi kelas 2 (dua) SD tersebut yang belum bisa membaca dan berhitung.

“Secara perlahan kami ajarkan materi pelajaran tersebut, setelah memasuki tiga minggu, sedikit banyak sudah mulai mengalami peningkatan,” ucap Imam.

Baca Juga  Satgas Pamtas Yonmek 643 Gelar Lomba Cerdas Cermat Bagi Anak Perbatasan

“Hal tersebut menjadi semangat tersendiri bagi kami untuk terus membimbingnya hingga lancar,” imbuhnya.

Kepala Sekolah SD YPK Sota, Semuel Supusepa, S. Pd., mengucapkan terima kasih kepada Satgas Yonif MR 411/PDW Kostrad yang telah bersedia menjadi tenaga didik di sekolah kami.

“Semoga murid-murid semakin bersemangat dan termotivasi untuk terus belajar dan meraih prestasi setinggi-tingginya,” ujar Semuel. (Pen)