Press "Enter" to skip to content

Aspotmar Danlantamal XII Pimpin Upacara Penutupan Bintal Juang Remaja Bahari Tahun 2019

Social Media Share

PONTIANAK, NP –  Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) XII Pontianak Laksamana Pertama TNI Gregorius Agung W.D., M.Tr (Han) yang diwakili oleh Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) Danlantamal XII Pontianak Letkol Laut (P) Dofir bertindak selaku Inspektur Upacara pada Penutupan Kegiatan Bintal Juang Remaja Bahari (BJRB) Tahun 2019, bertempat di Lapangan Apel Mako Lantamal XII Pontianak, Jalan Yos Sudarso Km.1 Pontianak, Kalimantan Barat, Kamis (18/7).

Bintal Juang Remaja Bahari (BJRB) Tahun 2019 yang diselenggarakan di Lantamal XII Pontianak, dikoordinir langsung oleh Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) Danlantamal XII Pontianak Letkol Laut (P) Dofir dan diketuai oleh Kepala Dinas Potensi Maritim Letkol Laut (KH) Malik Nasron, S.Pd, M.H., yang mengambil tema “Membina Mental Juang Remaja Bahari Dengan Menumbuhkan Jiwa Nasionalisme Pada Generasi Muda”, diikuti oleh 100 siswa siswi dari Pontianak. Kegiatan tersebut telah berlangsung selama 3 hari yang dimulai dari tanggal 16-18 Juli 2019.

Dalam amanat Danlantamal XII Pontianak yang dibacakan oleh Inspektur Upacara menyampaikan bahwa rangkaian kegiatan BJRB 2019 telah dapat kita laksanakan. Saya merasa bangga dengan semangat yang telah kalian tunjukan dalam mengikuti kegiatan demi kegiatan dengan penuh riang gembira. Kita dapat melihat indikator keberhasilan yang paling sederhana dari program BJRB ini adalah seberapa besar materi yang telah disampaikan tersebut dapat diimplementasikan secara aktual dalam kehidupan sehari-hari ditengah kehidupan bermasyarakat, terlebih lagi ditengah situasi yang berkembang saat ini yaitu kerentanan generasi muda terhadap pengaruh narkoba, perkelahian pelajar, pengaruh teknologi informasi dan komunikasi dan kemudahan akses dunia yang transparan, serta pengaruh paham dan aliran yang menyesatkan.

Diakhir sambutannya, Danlantamal XII Pontianak menutup kegiatan BJRB Tahun 2019 “Akhirnya dengan mengucap puji syukur Alhamdulillah, pada hari ini kamis tanggal 18 Juli 2019, kegiatan BJRB Lantamal XII Tahun 2019 secara resmi saya nyatakan “DITUTUP”, semoga tuhan yang maha kuasa senantiasa memberikan ridho-Nya kepada kita dalam melanjutkan dharma bakti kita demi kejayaan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia”, ucap Danlantamal XII Pontianak.

Baca Juga  Atasi Kesulitan Air Bersih, Satgas Yonif 514 Perbaiki Saluran Air di Kampung Gigobak 2

Sebelum dilaksanakan Upacara Penutupan BJRB Tahun 2019, para peserta BJRB melaksanakan kegiatan Joy Sailing dengan menggunakan KAL Lemukutan, Patkamla Pulau Harapan, dan Patkamla Pulau Pelangi milik Satrol Lantamal XII. Pada pelayaran Joy Sailing peserta diberikan materi dari Dinas Potensi Maritim (Dispotmar) Lantamal XII Pontianak tentang Kebaharian (Takal Dasar), Navigasi (Membaca Peta dan GPS), Komunikasi (Radio, Semaphore, Isyarat dan Morse), Peluit, Tradisi Khas TNI AL, dan Penyelamatan orang jatuh ke laut.(Pen)