Press "Enter" to skip to content

Antisipasi Penyediaan Sarana Angkutan Laut Jelang Hari Natal dan Tahun Baru, Danlantamal XII Pimpin Apel Gabungan Posko Terpadu

Social Media Share

JAKARTA, NP – Komandan Pangkalan utama TNI AL XII Pontianak Laksamana Pertama TNI Agus Hariadi selaku Inspektur Upacara (Irup) pada Apel Gabungan Pembukaan Posko Terpadu Hari Raya Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 dengan Komandan Apel Mayor Laut (E) Sugeng Mulyono di Dermaga 01 Pelabuhan Umum Dwikora, Jalan Pak Kasih Tengah, Kota Pontianak, Kalimantan Barat, Selasa (17/12/2019).

Penyelenggaraan Angkutan Laut Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, akan dilaksanakan mulai tanggal 18 Desember 2019 sampai dengan 8 Januari 2020. Bersamaan dengan penyelenggaraan angkutan natal dan tahun baru ini akan dilakukan pula kegiatan pemantauan dan pengendalian lalu Iintas dan angkutan Iaut melalui Posko Angkutan Laut Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Pada kesempatan tersebut, Danlantamal XII membacakan sambutan tertulis Dirjen Perhubungan Laut yang menyampaikan bahwa apel gabungan ini bertujuan untuk memantapkan koordinasi antar petugas, instansi terkait, penyedia jasa dan asosiasi yang terlibat langsung dalam penyelenggaraan Angkutan Laut Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, sehingga diharapkan masyarakat dapat melakukan perjalanan Iiburan dengan lancar, aman, selamat, tertib dan nyaman.

“Pada Angkutan Laut Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 ini diperkirakan akan terjadi terjadi peningkatan jumlah penumpang angkutan laut naik sebesar 1,84 % atau 1.191.786 penumpang dibandingkan dengan realisasi pada masa angkutan Laut Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 dan perkiraan melonjak penumpang terjadi pada tanggal 21 Desember 2019 (Periode Pra Natal), tanggal 28 Desember 2019 (Periode Natal dan Tahun Baru) dan tanggal 4 Januari 2020 (Periode Pasca Tahun Baru),” ujarnya.

Guna mengantisipasi Ionjakan penumpang tersebut, maka Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut akan menyiapkan Armada kapal Iaut sebanyak 1.293 unit dengan kapasitas 3,4 juta orang penumpang. Sedangkan untuk menjamin keselamatan dan keamanan pelayaran seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT) telah melaksanakan uji petik kelaiak lautan kapal penumpang di wilayah kerja masing-masing.

Baca Juga  Silaturahmi dengan Forkopimda Sambas, Pangdam XII/Tpr Ajak Sukseskan Program Desa Mandiri

Sementara itu, Danlantamal XII menginstruksikan kepada seluruh jajaran Perhubungan Laut untuk melaksanakan tugas ini dengan penuh semangat melayani warga masyarakat yang akan melakukan perjalanan Iiburan. Perhatikan betul kebutuhan mereka serta jangan segan-segan memberikan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan bantuan baik di pelabuhan maupun di atas kapal laut selama dalam pelayarannya.

“Selain itu, kepada seluruh operator kapal yang melayani angkutan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 untuk memastikan kapal yang berlayar tidak melebihi kapasitas angkut dan dispensasi penumpang lebih yang diberikan Syahbandar. Sedangkan khusus untuk kapal Roro pengangkut penumpang dan kendaraan dihimbau agar berat muatan di kendaraan dan dimensinya tidak melebihi ketentuan serta tidak mengangkut muatan berbahaya tanpa mendapat izin sebelumnya,” ujar Danlantamal XII.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kapolresta Pontianak Kota AKBP Ade Ary Syam Indradi, Kepala KSOP Kelas II Pontianak Capt Bintang Novi, Wakil GM PT Pelindo, Wakil Dir Airud Polda Kalbar Kombes Pol Alex Fauzi, Kapolsek Kawasan Pelabuhan Dwikora Pontianak Iptu Moch M Rizal, Dandim 1207 BS (diwakilkan).(Pen)