Press "Enter" to skip to content

12 Tahun Tidak Beroperasi, Satgas Yonif 328 Manfaatkan Bendungan Kibay Atasi Krisis Air

Social Media Share

JAKARTA, NP – Satgas Pamtas Yonif PR 328/DGH memanfaatkan bendungan Kibay yang tidak beroperasi selama 12 tahun guna mengatasi kebutuhan air bersih warga Kampung Kibay.

Tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif PR 328/DGH, Mayor Inf Erwin Iswari, S.Sos., M.Tr (Han)., dalam rilis tertulisnya di Jayapura, Sabtu (8/6/2019).

Sebagai informasi bahwa Kampung Kibay merupakan kampung yang berada di Tapal Batas Indonesia berada disekitar tepian Sungai Bergorwe, yang mana sungai tersebut merupakan salah satu sumber kehidupan bagi Warga Kampung Kibay.

Erwin menuturkan aliran air dari Sungai Bergorwe yang menjadi sumber kehidupan saat ini tidak dapat digunakan warga dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Akibat lumpur yang terbawa arus kini air menjadi keruh dan air yang biasa digunakan untuk keperluan mandi dan mencuci tidak bisa digunakan lagi,” ujarnya.

Melihat situasi tersebut, terang Erwin kita memanfaatkan bendungan yang sejak tahun 2007 tidak digunakan lagi, untuk dapat menampung serta mengairi perkampungan.

“Atas prakarsa Pos Kibay, anggota pos bersama warga bergotong-royong membersihkan bendungan yang tertutup ranting pohon serta memasang pipa-pipa baru,” terangnya.

“Dengan harapan, nantinya bendungan tersebut dapat berguna bagi kelangsungan hidup masyarakat Kibay,” ucapnya.

Menurutmya dengan terangkutnya sampah dan ranting yang tertimbun lanjut Erwin diharapkan bendungan dapat menampung dan mengairi air bersih yang dibutuhkan warga.

“Air yang tidak bersih (kotor) tidak hanya dapat mempengaruhi kesehatan, namun juga keselamatan dan kualitas hidup anak-anak disana,” ungkapnya.

“Banyak kita temukan dilapangan, anak-anak berusia di bawah lima tahun menderita penyakit diare yang erat kaitannya dengan kurangnya air bersih serta sanitasi dan kebersihan yang memadai,” terangnya.

Ditegaskan Erwin bahwa upaya pemenuhan air bersih sebagai sumber penghidupan perlu mendapat perhatian serius.

Baca Juga  Satgas 301 Atasi Kesulitan Warga Perbatasan Peroleh Air Bersih

“Ini adalah salah satu upaya Satgas dalam membantu warga untuk mendapatkan air bersih,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Kampung Kibay, Bapak Charles Numbun mengucapkan terima kasih kepada Personel Satgas yang telah membantu warganya dalam memenuhi kebutuhan air bersih.

“Saya mewakili masyarakat mengucapkan banyak terima kasih kepada bapak-bapak dari Pos TNI,” ujarnya.

“Kini air sudah mengalir di bendungan dan sudah bisa dikonsumsi dan digunakan oleh Warga untuk sementara ini,” tandasnya.(pen).