Press "Enter" to skip to content

TNI AL dan Republic Of Singapore Navy (RSN) Adakan Diskusi NTNT ke- 10

Social Media Share

JAKARTA, NP – TNI Angkatan Laut dan Republic of Singapore Navy (RSN), mengadakan pertemuan dan diskusi Navy to Navy Talk (NTNT) ke-10 di Hotel Salak Heritage Bogor, Jawa Barat guna membicarakan kerja sama antar dua angkatan laut, Kamis 24 Oktober 2019.

Kegiatan tahunan ini dipimpin Asisten Operasi (Asops) Kasal Laksamana Muda TNI Didik Setiyono, S.E., M.M., mewakili TNI AL sedangkan delegasi Republic of Singapore Navy (RSN) dipimpin oleh Rear Admiral Edwin Leong selaku Head Naval Operations. Navy to Navy Talks (NTNT) antara TNI AL dan RSN itu sudah dilaksanakan sejak tahun 2009.

Adapun kegiatan kali ini diawali dengan foto bersama, kemudian Ice Breaking dan dilanjutkan dengan paparan Strategic Overview dari delegasi TNI Angkatan Laut dan delegasi Republic of Singapore Navy, di mana TNI AL memaparkan materi tentang Maritime Security Perspective In The Region, dan Singapore Navy memaparkan materi tentang Regional Maritime Security.

Dalam paparan Strategic Overview, pemapar dari TNI AL Letkol Laut (P) Yudi Ardian, antara lain membahas tentang pandangan TNI AL terhadap situasi keamanan maritim di kawasan regional. Dalam paparan tersebut dilaporkan bahwa tingkat pelanggaran hukum di laut telah menurun drastis sejak tahun 2006. Data ini juga diperkuat berdasarkan laporan dari Regional Cooperation Agreement on Combating Piracy and Armed Robbery Against Ships in Asia (ReCAAP) dan IMB.

Selain dari angka pelanggaran yang telah menurun, juga dipaparkan tentang keberhasilan TNI AL dalam mengamankan dan melaksanakan penegakan hukum di laut, baik dari TNI AL maupun Angkatan Laut dari negara lain, khususnya Republic of Singapore Navy.

Sementara itu Asops Kasal selaku Ketua Delegasi TNI AL dalam sambutannya menyampaikan bahwa ini adalah merupakan suatu kehormatan bagi TNI AL karena dipercaya sebagai tuan rumah, dan selama ini hubungan kerjasama antara TNI Angkatan Laut dan Republic of Singapore Navy sudah terjalin dengan baik serta banyak kesepakatan-kesepakatan yang telah dilaksanakan bersama.

Baca Juga  Ketua DPR Harapkan Pemerintah Lakukan Studi Kelayakan Terkait Rencana Pemindahan Ibu Kota

“Sejauh ini hubungan kerjasama antara kedua Angkatan Laut telah berkontribusi positif pada keamanan maritim regional kita. Oleh karena itu kerjasama ini harus dipertahankan dan diperbaiki agar memperoleh kerjasama yang lebih baik antara kedua Angkatan Laut”, ujar Asops Kasal.

Sedangkan Rear Admiral Edwin Leong sebagai Ketua Delegasi RSN pada kesempatan itu mengucapkan terima kasih dan berharap agar NTNT ke-10 ini dapat membuat hubungan kerjasama antara TNI Angkatan Laut dan RSN dapat selalu terjalin dengan baik.

Turut hadir pada kegiatan ini Paban V Straops Sopsal Kolonel Laut (P) Arif Badrudin, Atase Pertahanan Laut (Athal) RI untuk Singapura Kolonel Laut (P) Jimmy Rumelus Pelupessy, Asintel Guskamla Koarmada I Kolonel Laut (E) Yulianus, Pabandya Kersin Ban IV Hublu Spamal Letkol Laut (P) Yudi Ardian serta Kasi Diklu Disdikal Letkol Laut (P) Roma Sugama.(Pen)