Press "Enter" to skip to content

Sekolah Lapang Cuaca untuk Nelayan, Sugarin: Bantu Nelayan Pahami Cuaca

Social Media Share

Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Tanjung Priok, Sugarin.(ist)

JAKARTA, NP – Sulitnya menduga angin musim, cuaca buruk, angin musim tidak teratur  adalah ancaman bagi nelayan. Tidak  jarang nelayan pun menyerah dengan keadaan.  Kehadiran Sekolah  Lapang Cuaca untuk Nelayan diharapkan akan memberikan pemahaman tentang informasi cuaca bagi nelayan.

“Intinya untuk memahami tentang pentingnya informasi cuaca laut untuk keselamatan pelayaran,  juga untuk sekarang paradigmanya dirubah bukan lagi mencari ikan, tetapi menangkap ikan,”kata Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Tanjung  Priok Jakarta, Sugarin pada acara “Pembukaan Sekolah Lapang Cuaca untuk Nelayan 2019” di Jakarta, Selasa (30/4/2019).

Menurut  Sugarin, nantinya nelayan akan memiliki kepastian saat melaut, dan tidak asal berlayar lagi. “Jadi informasinya bermanfaat sekali, terutama yang paling inti adalah selain menangkap ikan, tetapi juga untuk keselamatan nelayan,”ujar Sugarin.

Ditambahkan dia, para nelayan  bisa mendapatkan informasi tentang angin musim dan cuaca melalui  otoriras pelabuhan sebagai perpanjangtanganan  BMKG.

BMKG juga berkolaborasi dengan KKP, karena  KKP mempunyai  wilayah daerah tangkapan ikan, sehingga Sekolah Lapang Cuaca untuk Nelayan  akan  betul-betul efektif  bagi nelayan.

“Sekolah lapang  itu nantinya akan dapat membantu nelayan mengakses /memahami informasi cuaca dan iklim, sehingga mengurangi kerugian nelayan  dan meningkatkan keselamatannya,”terangnya.

“ Kan, ironi  ketika nelayan tidak dapat informasi cuaca, tiba-tiba di tengah-tengah laut  ada gelombang tinggi, tentunya ini akan mengancam keselamatan mereka,”pungkas Sugarin.(red)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Baca Juga  Wapres RI : Terima Kasih Atas Dukungan Internasional dalam Penanggulangan Bencana