Press "Enter" to skip to content

BMKG : Potensi Hujan Lebat, Masyarakat Dihimbau Waspada

Social Media Share

Foto ilustrasi hujan lebat.(ist)

JAKARTA, NP  – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memantau adanya potensi hujan lebat dalam tiga hari kedepan (26 – 28 Mei 2019) di sebagian wilayah Indonesia. Demikian Kabag Bagian Hubungan Masyarakat BMKG, Taufan Maulana dalam rilis tertulisnya, Minggu (26/5/2019).

Berdasarkan pantauan BMKG menunjukkan adanya Massa udara basah lapisan rendah terkonsentrasi di Aceh, Sumatera Utara, Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Papua Barat dan Papua. Daerah yang berpotensi memiliki potensi konvektif dari faktor lokal yang kuat dimana nilai indeks labilitas atmosfernya sedang/kuat yaitu di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, Papua Barat dan Papua.

Sementara itu, terdapat sirkulasi siklonik di Kalimantan Barat bagian utara (level 925/850). Belokan angin terdapat di Sumatera Utara, Riau, Kalimantan Barat, kalimantan Timur, serta Sulawesi Tengah.

Taufan mengungkapkan, beberapa wilayah seperti Aceh, Riau, Jawa Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, serta Papua terpantau akan mengalami hujan lebat pada hari ini (26/5). Esok harinya (27/5), Aceh, Sumatera Barat, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggar, dan Papua. Sementara untuk lusa (28/5), daerah yang berpotensi adalah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jawa Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, serta Papua.

Menurut pantauan BMKG, beberapa wilayah Indonesia lainnya juga berpeluang diterpa hujan dengan intensitas lebih lebat disertai angin kencang dan kilat/petir pada hari ini (26/5). Daerah tersebut di antaranya Sumatera Utara, Kep. Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, dan Maluku. Esoknya (27/5), daerah yang berpotensi hujan lebat sedikit berkurang menjadi Sumatera Utara, Kalimantan Selatan, dan Maluku. Kemudian untuk lusa (28/5), daerah yang berpotensi hujan hanya Kep. Bangka Belitung.

Baca Juga  Wakasad : Jenderal TNI (Purn) George Toisutta Pemimpin Baik, Tegas dan Cemerlang

BMKG terus mengimbau masyarakat yang berdomisili atau sedang berada di beberapa wilayah yang berpotensi hujan lebat hingga disertai angin kencang dan petir/kilat tersebut untuk selalu berhati-hati ketika beraktivitas di luar ruang, serta persiapkan diri dengan peralatan antisipasi hujan.(red)