Press "Enter" to skip to content

POMNAS XVI Resmi Dibuka, Ismunandar: Jangan Sia-siakan Kesempatan Ini

Social Media Share

JAKARTA, NP – Pembukaan Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional  (POMNAS)  XVI Jakarta berlangsung di Gelanggang Olahraga Mahasiswa Soemantri Brojonegoro (GMSB) Kamis , (19/9/2019) malam tadi, oleh Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Ismunandar. Agenda olahraga akbar mahasiswa ini akan berlangsung hingga 26 September  yang akan datang.

POMNAS  XVI diikuti oleh tujuh ribu orang, yang terdiri dari 3.404 atlet dan 1.337 official dari setiap provinsi di Indonesia serta supporter dari masyarakat umum  ikut meramaikan acara tersebut.

“Selamat berkompetisi kepada para peserta Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional yang ke-16 di 2019 ini. Semoga pada POMNAS di tahun ini kemampuan mahasiswa di bidang olahraga dan kualitas pendidikan tinggi Indonesia dapat terus ditingkatkan. Semangat berkompetisi,”kata Ismunandar.

Dalam POMNAS ini, para mahasiswa yang menjadi atlet selain diberikan kesempatan untuk saling mengenal mahasiswa dari provinsi lain, juga diberikan kesempatan untuk menjadi atlet yang akan dibina oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI). Selain itu, mereka akan diberi fasilitas untuk mengunjungi seluruh tempat wisata di DKI Jakarta.

“Jangan sia-siakan kesempatan untuk mengambil manfaat besar dari kegiatan ini. Mari kita terus bersama-sama membangun persatuan dan kesatuan. Semoga keberhasilan dan masa depan yang cerah, milik Saudara semua. Negara besar yang kita cintai ini menantikan pengabdian berkualitas dari Saudara semua,” ujar Ismunandar di hadapan ratusan perwakilan atlet.

Sementara itu Universitas Negeri Jakarta (UNJ) selaku koordinasi acara POMNAS 2019 menghadirkan 919 penari yang akan memamerkan tarian selamat datang dari berbagai provinsi.

Parade defile masing-masing provinsi di Indonesia.(red)

Menariknya, jumlah 919 disesuaikan dengan tanggal pembukaan POMNAS, yaitu pada pukul 19.00 tanggal 19-9-2019 dan berasal dari UNJ, SMKN 57 Jakarta, SMAN 44 Jakarta, SMPN 52 Jakarta, Sanggar Sri Budaya, dan Sanggar Ratna.

Baca Juga  Kemen PPPA Kembangkan Rute Aman dan Selamat ke/dari Sekolah di Jateng

Tarian selamat datang ini akan diiringi oleh orkestra dari UNJ dengan 100 pemain musik dan paduan suara yang terdiri dari 60 vokalis.Mahasiswa dan mahasiswi UNJ yang tampil ini mayoritas tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) kesenian di UNJ. Pertunjukkan laser dan kembang api juga akan memeriahkan pembukaan POMNAS.

Pejabat Pelaksana Harian Rektor Universitas Negeri Jakarta Intan Ahmad sebagai koordinator pelaksana POMNAS XVI Jakarta 2019 mengungkapkan perlu mendapat dukungan lanjutan dari KONI agar Indonesia dapat memiliki atlet-atlet yang memenangkan kompetisi olahraga internasional.

“Sejarah capaian prestasi olahraga Indonesia pada ASEAN Games 2018 lalu, Indonesia memperoleh 31 medali emas. 22 di antaranya diperoleh oleh para mahasiswa. Ini suatu bukti nyata, bagaimana kontribusi para pemuda dalam olahraga di Indonesia,” kata Intan Ahmad.

POMNAS XVI Jakarta 2019 mengusung tema “Semangat, Sportif, dan Berprestasi”, sesuai dengan tujuan POMNAS, yaitu memupuk dan meningkatkan persatuan, kebersamaan, dan persahabatan antarmahasiswa seluruh Indonesia.

POMNAS diharapkan akan membantu pemerintah dalam peningkatan dan pengembangan prestasi olahraga nasional dan Internasional, serta menanamkan pendidikan karakter pada mahasiswa melalui olahraga.

POMNAS XVI Jakarta 201  diikuti oleh 34 provinsi dan melibatkan kurang lebih 3.404 atlet dan 1.337 official. Para atlet akan bertanding di 19 cabang olahraga yang memperebutkan 713 medali.

Sebanyak 18 venue atau lokasi pertandingan tersebar diseluruhJakarta sudah disiapkan oleh panitia untuk menyambut para atlet kebanggan perguruan tinggi dan provinsi tersebut.

Selain itu,POMNAS XVI Jakarta 2019 kali ini akan mempertandingkan empat cabang olahraga eksebisi, yaitu angkat besi, bola tangan, cricket dan e-sport. (red)