Press "Enter" to skip to content

Kasal: Silaturahmi adalah Kunci Soliditas Keluarga Besar TNI AL

Social Media Share

JAKARTA, NP –“Kita semua akan mengalami purna tugas dan purna bakti, oleh karenanya membangun tali silaturahmi merupakan kunci utama dalam mewujudkan soliditas di Keluarga Besar TNI Angkatan Laut”. Demikian disampaikan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adjie S.E. M.M., dalam sambutannya pada resepsi HUT ke-33 Persatuan Purnawiran Angkatan Laut (PPAL) di Gedung Balai Samudera, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Rabu (4/9).

Masih menurut Kasal, guna mencapai tingkat kekuatan TNI AL sesuai dengan konsep Operational Ready Force, yang diproyeksikan agar terealisasi pada momentum 100 tahun Indonesia emas, diperlukan kekuatan tekad, daya dan upaya, inovasi serta konsistensi yang teguh dari kita semua, baik prajurit aktif, maupun dukungan para purnawirawan TNI Angkatan Laut, agar niat yang mulia dan tulus mengibarkan bendera kewajiban dan bendera kejayaan TNI Angkatan Laut dapat terwujud.

Laksamana TNI Siwi Sukma Adjie juga menjelaskan, resepsi HUT PPAL kali ini sangat tepat bagi kita semua sebagai sebuah kesatuan keluarga besar TNI AL dan insan Jalasena, untuk menyamakan visi pembangunan kekuatan TNI AL yang berkesinambungan dan berkelanjutan.

“Hal ini merupakan bentuk pengabdian terbaik prajurit matra laut dalam mewujudkan visi Indonesia sebagai negara maritim yang besar dan kuat”, pungkas Kasal.
Dalam kesempatan ini, Kasal juga mengucapkan terima kasih kepada sesepuh yang telah menjadikan, membesarkan serta membangun TNI AL.

Sejalan dengan hal itu, Ketua Umum PPAL Laksamana TNI (Purn.) Ade Supandi, S.E.,M.A.P., meyampaikan komitmen PPAL dalam memberikan sumbangsih pemikiran bagi TNI AL, bangsa dan negara. “PPAL serius dalam memberikan kontribusi pemikiran untuk kemajuan TNI AL, kemaritiman maupun upaya dalam pembinaan karakter dan nilai-nilai prajurit matra laut, bahari dan kejuangan maritim, salah satunya dengan menggelar seminar dan Forum Group Discussion yang membahas beragam isu-isu kemaritiman”, ungkapnya.

Baca Juga  Suasana Riang Warnai Sosialisasi Pencoblosan Surat Suara di RSJD Solo

Pada peringatan hari jadinya yang ke-33 tahun ini, PPAL mengambil tema, “Warga PPAL Merajut Solidaritas, Persaudaraan dan Kesatuan, Selalu Memperjuangkan Kesejahteraan, Mendukung Tugas TNI AL dan Bagi Pembangunan Maritim Indonesia”.

Resepsi Peringatan HUT ke-33 PPAL Tahun 2019 menampilkan salah satu profil PPAL dari Rayon Jonggol, yang diketuai oleh Laksamana Muda TNI (Purn.) Kingkin Suroso S.E., yang keluar sebagai Rayon PPAL terbaik tahun 2019.

Kegiatan ini diikuti ratusan anggota PPAL seluruh Indonesia, menampilkan tayangan tokoh purnawiran TNI AL yaitu Laksamana Madya TNI (Purn.) Gatot Suwardi dan Kolonel Laut (Purn.) Dra. Loeise Elisabeth Coldenhoff, serta penyematan PIN PPAL oleh Ketua Umum PPAL kepada perwakilan anggota PPAL dari Perwira Tinggi, Kowal, Bintara dan PNS TNI Angkatan Laut.

Hadir pada kegiatan ini antara lain Ketua Dewan Pertimbangan Pusat PPAL, Laksamana TNI (Purn.) Tanto Kuswanto, Ketua Umum Pepabri Jenderal TNI (Purn.) Agum Gumelar, Kasal dan Ketua Umum Jalasenastri dari masa ke masa, para sesepuh TNI Angkatan Laut, para Pembina dan Dewan Pertimbangan PPAL, Pengurus Pusat dan Wilayah Rayon PPAL dan Segenap warga PPAL, Pejabat Utama Mabesal, serta Pemimpin Kotama TNI Angkatan Laut.(Pen)