Press "Enter" to skip to content

Kabut Asap: Koarmada I Laksanakan Langkah Preventif dalam Keselamatan Pelayaran

Social Media Share

KEPRI, NP – Menurunnya kualitas udara di Kepulauan Riau yaitu di daerah kepaualauan Lingga, Bintan, Batam, Balai Karimun dan Kepulauan Anambas terus mengkhawatirkan. Kabut asap yang ditimbulkan atas kejadian kebakaran hutan semakin pekat sehingga sangat mengganggu kesehatan dan membahayakan pelayaran utamanya di perairan Kepulauan Riau.

Karakteristik daerah yang terdiri dari gugusan pulau kecil dan alur pelayaran di selat sempit, bencana kabut asap tersebut meningkatkan tingkat kerawanan dalam keselamatan pelayaran. Informasi yang dihimpun dari Pusat Komando dan Pengendali Komando Armada I menunjukkan menurunnya kualitas jarak pandang di beberapa daerah dan membahayakan keselamatan pelayaran diantaranya di perairan Dabo Singkep, Tarempa, Selat Malaka, Selat Singapura, Bintan dan Balai Karimun.

Jarak pandang di laut sudah semakin mengkhawatirkan, karena pandangan terbatas sampai dengan 500 meter saja. Oleh sebab itu demi menjamin keselamatan pelayaran Koarmada I beserta jajarannya melakukan kerjasama dengan instansi terkait untuk terus memberikan penyuluhan terhadap masyarakat pesisir serta pengguna laut lainnya secara terus menerus aktif melaksanakan pemantauan dan penyuluhan dampak kabut asap terhadap kesehatan dan keselamatan pelayaran.

Arah angin yang berhembus dari selatan, membawa kabut yang menimbulkan dampak yang merugikan bagi wilayah yang berada di utara seperti di Bintan, Balai Karimun dan Tarempa semakin buruk, jarak pandang (visibility) di sekitar perairan kepulauan Anambas semakin pendek.

Berkaitan dengan hal tersebut, Komandan Lanal Tarempa Letkol Laut (P) Nurohmad Ibrohim melaksankaan kerjasama dengan pemerintah daerah, dinas kesehatan setempat dan KSOP Tarempa, untuk melaksanakan aksi preventif kesehatan dan keselamatan pelayaran di wilayahnya.

“Kabut asap yang semakin pekat menimbulkan dampak yang sangat buruk terhadap kesehatan dan berpengaruh sekali terhadap keselamatan pelayaran” tegasnya.

Baca Juga  Cegah dan Layani Anak Terjerat Radikalisme dan Terorisme di Maluku Utara

Bersama dengan stake holder pemerintahan yang lain di Tarempa, Lanal Tarempa melaksanakan penyuluhan dan mengajak masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan dengan membagikan masker kepada masyarakat pengguna jalan maupun kepada nelayan binaan. Hal serupa dilakukan di Lanal Tanjung Balai Karimun dan Lanal Dabo Singkep.(Pen)