Press "Enter" to skip to content

Bangun Persatuan Bangsa, KLHK Peringati Hari Kelahiran Pancasila

Social Media Share

JAKARTA, NP – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Sabtu, 1 Juni 2019. Memperingati hari kelahiran Pancasila, KLHK melaksanakan upacara di Plaza Manggala Wanabakti, Jakarta (20/5). Dalam kesempatan ini, Sekretaris Jenderal KLHK, Bambang Hendroyono, mewakili Menteri LHK, hadir memimpin upacara, dan menyampaikan sambutan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia.

“Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan. Proses internalisasi sekaligus pengamalan nilai-nilai Pancasila harus dilakukan dan diperjuangkan secara terus menerus. Pancasila harus tertanam dalan hati yang suci dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari,” tutur Bambang dikutip dari rilis saat membacakan sambutan Kepala BPIP.

Selain itu, Bambang juga menyampaikan dua pesan penting Presiden Joko Widodo dalam upacara ini, yaitu pertama, peringatan hari Kelahiran Pancasila sebagai upaya untuk mengenang dan merefleksikan momentum sejarah, dimana pendiri bangsa berhasil menggali nilai-nilai fundamental bangsa Indonesia sebagai dasar negara sehingga bangsa Nusantara yang beragam dapat bersatu dan menyatu sebagai satu bangsa.

“Kedua, dengan merayakan hari kelahiran Pancasila, kita bangun kebersamaan dan harapan untuk menyongsong kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik,” lanjut Bambang.

Terakhir, Bambang berpesan agar semua pihak dapat terus menerus secara konsisten merealisasikan Pancasila sebagai dasar negara ideologi negara dan pandangan dunia, yang dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan seluruh bangsa Indonesia.

“Kita bersatu membangun bangsa untuk merealisasikan tatanan kehidupan masyarakat yang rukun, damai, adil dalam kemakmuran, dan makmur dalam keadilan. Kita Indonesia, kita Pancasila,” pungkas Bambang mengakhiri sambutannya.

Upacara kali ini diikuti oleh seluruh ASN di lingkungan KLHK, BUMN bidang LHK, dan mitra kerja. Hadir pada upacara peringatan kelahiran Pancasila, Pejabat Pimpinan Tinggi (JPT) Madya, JPT Pratama, dan lebih dari 3.500 ASN KLHK.(red)

Baca Juga  Jika Ada Kecurangan, Prabowo Tak Jamin Pemilu Berlangsung Damai