Press "Enter" to skip to content

Semarak Festival Pulau Senua di Natuna

Social Media Share

NATUNA, NP – Festival Pulau Senua yang ke -IV kembali digelar oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Natuna bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Provinsi Kepri. Kegiatan ini menarik ribuan pengunjung memadati Pulau Senua di Kecamatan Bunguran Timur Laut, Ranai, Natuna, Kepri, Minggu (16/6).

Kegiatan Festival yang digelar satu hari ini dibuka oleh Gubernur Kepri Nurdin Basirun merupakan event tahunan yang dilaksanakan Dinas Pariwisata Provinsi Kepri, bertujuan untuk meningkatkan minat pengunjung dari mancanegara dan lokal.

Pada Festival Pulau Senua kali ini, Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Ranai Kolonel laut (P) Harry Setyawan beserta anggotanya turut serta ambil bagian mengikuti lomba renang jarak 100 meter yang diikuti beberapa peserta untuk memeriahkan Festival Pulau Senua.

Festival Pulau Sanua juga diisi dengan perlobaan dan pertandingan lain yang bertujuan untuk mendorong sektor wisata kemaritiman. Tim Lanal Ranai tidak sia- sia ikut andil dalam perlombaan tersebut, dimana Tim Jalasenastri Lanal Ranai yang dinahkodai oleh Ketua Jalasenasti Cabang 8 Korcab IV DJA I Ny. Winny Harry Setyawan berhasil meraih Juara I dan sekaligus juga Juara II Lomba Masak dan Kuliner.

Antusias masyarakat Natuna cukup tinggi untuk mengikuti dan menghadiri acara Festival Pulau Senua, ratusan masyarakat Natuna mengunjungi kegiatan tersebut di Pulau Senua dengan menggunakan sarana angkutan laut. Banyaknya masyarakat yang mengunjungi Pulau Senua pada saat pelaksanaan festival tersebut menyebabkan adanya kerawanan berupa kecelakaan dan keselamatan di laut, karena hal itulah Komandan Lanal Ranai mengerahkan hampir semua unsurnya guna mengantisipasi apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Hal tersebut diatas merupakan bentuk perhatian dan kepedulian Lanal Ranai dalam melaksanakan tugas keamanan di laut yang menjadi wilayah kerjanya, selain juga mendukung pelaksanaan kegiatan Pemerintah Kabupaten Natuna dalam hal peningkatan sektor pariwisata.

Baca Juga  HUT ke-74 TNI Hadirkan Berkah Bagi Pedagang Asongan

Selain melaksanakan pengamanan di sekitar perairan Pulau Senua tersebut, salah satu unsur Lanal Ranai yaitu Sea Rider 01 juga melaksanakan kegiatan membantu transprortasi pengangkutan pengunjung dari dermaga Desa Sepempang menuju Pulau Senua dan sebaliknya.

“Alhamdulillah, kegiatan Festival Pulau Senua tahun ini dapat berjalan dengan baik dan lancar, tidak terjadi hal- hal yang tidak diinginkan di perairan Pulau Senua, pengamanan laut berjalan dengan baik seperti yang diharapkan,” demikian disampaikan oleh Danlanal Ranai.(pen)