Press "Enter" to skip to content

Pushidrosal Perkuat Delegasi Indonesia dalam Sidang Majelis IMO ke- 31di London Inggris

Social Media Share

Sidang IMO ke-73 di London Inggris.(ist)

JAKARTA, NP – Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI AL (Pushidrosal) mengirimkan wakilnya untuk memperkuat Delegasi Indonesia dalam Sidang Majelis International Maritime Organization (IMO) ke-31 yang berlangsung di London, Inggris.

Pushidrosal mengirimkan wakilnya yaitu Kadisnautika Pushidrosal Kolonel Laut (P) Yudi Kuncoro dalam Sidang Majelis IMO ke-31 berlangsung dari tanggal 25 November hingga 4 Desember 2019 yang dihadiri oleh delegasi dari 174 negara, termasuk Indonesia.

Kapushidrosal Laksamana Muda TNI Dr. Ir. Harjo Susmoro, S.Sos., S.H., M.H menyampaikan bahwa dalam bidang tugasnya International Maritime Organization (IMO) dan International Hydrographic Organization sangat berkaitan dan saling berkaitan, sehingga dalam delegasi Indonesia diperlukan seorang Hidrografer. Oleh sebab itulah Pushidrosal termasuk dalam tim delegasi Indonesia di sidang IMO tersebut.

“IMO dan IHO mempunyai bidang tugas yang terkait dan saling mendukung demi kepentingan keselamatan navigasi pelayaran, sehingga diperlukan sinergitas antar kedua organisasi tersebut. Tidak mungkin kapal dapat berlayar dengan aman tanpa adanya informasi hidro-oseanografi berupa peta laut dan publikasi nautika lainnya” Kata Kapushidrosal.

Menurut orang nomor satu di jajaran Pushidrosal itu, selain terkait keselamatan navigasi, dalam sidang tersebut delegasi Indonesia berupaya dapat menjadi Anggota dewan IMO kategori C periode 2020-2021.

“Dengan menjadi anggota Dewan IMO menunjukan pengakuan dunia atas eksistensi Indonesia di sektor maritim Internasional, serta memberikan kesempatan bagi Indonesia untuk ikut serta dalam menentukan kebijakan-kebijakan IMO yang sangat berpengaruh pada dunia kemaritiman” tambah Kapushidrosal yang juga merupakan Chief Hydrographer Indonesia tersebut.

Setelah melalui proses pemilihan suara, Indonesia terpilih kembali menjadi anggota Dewan International Maritime Organization (IMO) Kategori C Periode 2020 – 2021 dalam sidang IMO Assembly tanggal 29 November 2019 di London. Anggota Dewan IMO berisikan 40 negara dengan 3 kategori dari total 174 negara anggota IMO.(rls)

Baca Juga  Serangan Bom di Sejumlah Gereja dan Hotel di Srilanka: 207 Orang Meninggal, 450 Luka-luka